[ South Korea Autumn Trip ] Rincian Biaya Solo Traveling

.
.
Setelah selesai posting pengalaman solo traveling ke Korea Selatan kemaren, saatnya Gw posting biaya yg Gw habiskan untuk Solo Traveling ke Korea Selatan. Berikut rincian biayanya..


Udah liat kan rinciannya? murah bukan? dengan biaya sekitar 6 juta rupiah Gw udah bisa jalan-jalan ke Korea Selatan, lumayan kan bedanya banyak kalo lo pake travel.

Sebenarnya setiap orang punya budget dan cara sendiri buat jalan-jalan, ada yang seneng belanja, seneng kuliner, atau cuma foto-foto. Dan Gw tipe traveler yang lebih suka fotografi ketimbang kuliner atau belanja, mungkin tujuan foto kalo Gw pertama kali ke suatu negara atau kota, tapi kalo kunjungan kedua biasanya Gw siapin budget buat kuliner dan shopping. Karena ke Korea Selatan ini pertama kalinya buat Gw, jadi Gw ga siapin budget khusus buat kuliner dan belanja, Gw tetep siapin budget lebih tapi itu ga dikhususin buat belanja dan kuliner, bisa Gw pake dua duanya tergantung kebutuhan.

Dan dirincian pasti kalian cek keliatannya Gw ga banyak beli makan diluar, jadi Gw selama di Seoul itu makan di restaurant cuma sekali aja pas hari kedua, sisanya Gw lebih banyak beli gimbap dan onigiri di mini market, itupun bayarnya pake T-Money, jadi Gw isi T-Money ₩40.000 dan itu harusnya cukup sampe 6 hari sama ongkos subway juga, tapi  hari minggunya T-Money Gw ilang sedangkan saldo masih sekitar ₩16.000. Jadi terpaksa ₩16.000 melayang. Dan untuk meminimalisir budget makan, Gw bawa makanan dari Indonesia kaya mie, energen, oatmeal, dan super bubur.

Trip ke Korea Selatan kemaren selama 6 hari Gw cuma bawa uang ₩200,000 dengan rate ₩1 = Rp. 12, jadi kalo dirupiahin Rp. 2,400,000. Kenapa cuma bawa duit segitu? Kenapa ga 3 juta pas? Karena total budget itu Gw sesuaikan sama Itinerary yg Gw bikin sebelum berangkat, meskipun ada beberapa yang ga sesuai, tapi alhamdulillah budget nya tetep cukup, karena Gw cuma tuker tempat dan hari aja, sebenernya uang Gw harusnya masih sisa lumayan banyak pas hari ke lima, karena ada insiden T-Money ilang jatuh entah dimana, terpaksa budget yg Gw lebihin khusus buat belanja atau kuliner Gw pake buat ongkos sampe besok ke bandara, padahal di T-Money itu masih ada saldo sekitar 16,000 buat ongkos subway hari ke lima sampe besok ke bandara. Untungnya Gw sempet beli beberapa barang sehari sebelum T-Money Ilang.

Mungkin kalo kalian tipe traveler kaya Gw sebenernya bisa ngeluarin biaya lebih murah dibawah 6 juta, karena setau Gw pasti bisa dapetin tiket pesawat promo dibawah harga yang Gw beli, Gw beli 3,4 juta pernah gw bahas disini , temen Gw bahkan ada yang dapet 3 juta kebawah, asal pinter-pinter cek tanggal pas maskapai tersebut lagi ada promo.

Sekianlah postingan tentang solo traveling ke Korea november lalu, yang mau tau pengalaman gw apply visa sendiri silahkan baca disini. Jangan lupa dibaca postingan Cerita dari Day 1 ya, siapa tau bisa jadi contoh itinerary buat kalian yang mau kesana.

Itinerary :


Tips dari Gw buat yang mau Solo Traveling ke Korea atau ke Negara lain bisa dibaca disini.

THANK YOU !




2 Comments

  1. Mba ada ke korea lgi.. Mau donk ikut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, Insyaa Allah tahun depan ngadain open trip, nanti kalau jadi dikabari ya. Untuk update silahkan follow instagram saya ya dphotos21

      Thank You

      Delete