[ South Korea Autumn Trip - Day 1 ] Wearing "HANBOK" Korean traditional Custome

Alhamdulillah..

Ga berhenti ucap syukur atas nikmat dan rezeki yang Allah kasih buat gw..
Gw baru balik solo trip ke South Korea nih, iya seorang diri, cuma modal nekat, duit pas-pas an (gw cuma bawa uang ₩200,000  buat 6 hari atau kalo dirupiahin sekitar 2,4 juta kursnya 12) dan english pas-pas an, tapi alhamdulillah semuanya dilancarkan meskipun ada 1 moment kehilangan T-Money gw pas 1 hari menjelang balik ke Indonesia. Tapi ya namanya juga traveling ga seru dong yah kalo ga ada cerita. Dan untungnya besok udah balik ke Indonesia.

Oke gw mulai cerita dari mana ya, banyak banget yang pengen gw ceritain dari awal dateng sampe balik ke Indonesia lagi. Ceritanya gw bagi berdasarkan hari aja ya.. Hari pas gw berangkat ga usah diceritain lah ya, yang pasti standar cerita biasanya ke Bandara dan ngapain aja di Bandara.

Btw gw naik maskapai AA dari Jakarta flight ke Kuala Lumpur tanggal 7 november 2017 jam 19.00 WIB dan transit di Kuala Lumpur 2 jam lanjut terbang ke Incheon udah masuk tanggal 8 november 2017 jam 00.50 AM waktu Malaysia dan tiba di Incheon International Airport Rabu pagi.

Rabu, 8 November 2017

Rabu pagi tepat pukul 08.20, tibalah gw di Bandara Incheon, Anyeonghaseo Korea! Akhirnya gw menginjakkan kaki di Bandara ini juga, biasa liat di drama korea On The Way To The Airport. Untuk menuju Imigrasi, gw harus ke gedung 1 lagi naik Sky train, kaya di Singapore gitu.

Mau naik Sky Train

Karena gw ga pake bagasi jadi abis imigrasi kelar gw langsung menuju Stasiun Arex All Stop Train di lantai B1, oya di Incheon Airport ini jangan takut nyasar, petunjuknya sangat jelas jadi mudah untuk ditemukan, dan juga tulisannya ga cuma hangul koq ada latinnya juga. Arex dibagi menjadi 2, Arex Express Train dan All Stop Train, bedanya yang Express lebih mahal kalo ga salah harganya sekitar ₩8,000 tapi waktunya lebih cepet sampe, sedangkan yang All Stop Train lebih murah dan agak lama sampenya mungkin sekitar 1 jam, letak stasiunnya bersebelahan. Gw pilih All Stop Train karena emang lagi ga diburu-buru waktu, harga tiketnya ₩4,250, bisa beli di Mesin tiket maupun pake T-Money, gw lebih gampang pake T-Money dan cm tinggal top up aja karena gw pinjem T-Money temen, kalo beli lumayan harganya sekitar ₩4,000.

T-Money bisa dibeli di Minimarket

Menunggu kereta AREX All Stop Train

Dari Incheon Airport gw turun di Hongik University Station dan lanjut naik Subway line 2 (hijau) turun di Chungjeongno Station, Oya gw nginep di Kimchee Downtown Guesthouse, baca reviewnya disini. Dari stasiun ke penginapan deket banget, begitu keluar di exit 3 langsung belok kiri dan keliatan banget plangnya, jalan kaki paling 5 menit.

Loby receptionist

Karena gw tiba di Guesthouse jam 12 siang  dan baru bisa check in jam 3 sore, jadi belum bisa check in, gw mutusin buat cabut jalan-jalan dan ketemuan sama salah satu temen baru disana. Oya mau sedikit cerita jadi waktu transit di KL gw kenalan sama orang Indonesia namanya Dinda juga dan kebeneran kita duduk di pesawat sebelahan banget, dan rencananya hari ini gw mau ikut dia dan temen-temennya buat ke Gyeongbokgung dan Bukchon sekalian sewa Hanbok. Tempat sewa hanbok ada di daerah Bukchon, dari Chungjeongno Station transit di Euljiro 3-ga Station transit ke line 3 (orange) turun di anguk station exit 2. Pas keluar disuguhi pemandangan pohon-pohon yang bagus banget..

Tapi, jujur gw agak nyesel banget kenapa harus ikut Dinda cs, karena mereka terlalu ngabisin waktu yang gajelas foto-foto disatu tempat aja bisa 1 jam lebih dan alhasil pas mau ke Gyeongbokgung foto pake hanbok kita ga bisa masuk karena udah tutup, jadi cuma foto-foto disekitaran Gyeongbokgung aja. Huft ngapain gw pake hanbok kalo gitu. Hiks.

Btw gw sewa hanbok di One Day Hanbok . Karena gw sewa langsung disana jadi agak mahal sekitar ₩15,000 4 jam dan ada deposit ₩50,000 dan bakal dibalikin kalo kita selesai pakai. Mungkin kalo mau murah bisa booking dulu by email, lumayan bedanya ₩2,000.

Berikut hasil foto-foto hari pertama pakai hanbok..

Karena udah maghrib, gw mutusin buat balik ke Guesthouse aja, karena jujur dingin banget suhunya sekitar 8° , Dinda cs lanjut ke Insadong dan gw balik ke Guesthouse karena belum check in juga.

Sebelum balik ke Guesthouse, gw balikin hanbok dulu ke One Day Hanbok di daerah Bukchon. Dan pas jalan balik gw sempet foto-foto jalanan sekitar Gyeongbokgung yang ke arah Bukchon.

Mungkin cerita hari pertama berakhir disini, karena pas sampe Guesthouse gw check in dan ga kemana-mana lagi istirahat karena besoknya gw mau ke Nami Island pagi-pagi banget jadi gw harus tidur cepet.