[BACKPACKER LOMBOK - PART 1] Satu hari di Jogja

.
.
Selamat bulan April buat yang menyukai bulan ini termasuk gw, gimana nggak cinta sama bulan ini, selain karena gw lahir dibulan ini, bulan ini juga ditunggu-tunggu karena gw bakal backpackeran ke Lombok! Yeay *Excited*

Bagi yang sudah pernah baca postingan gw sebelumnya ( yang belum silahkan klik disini ), gw pernah cerita kalo bulan April ini gw bakalan trip ke Lombok ala backpacker melintasi Pulau Jawa, Bali, dan kemudian Lombok, dan akhirnya semuanya terlaksana dengan baik dan mudah, meskipun ada beberapa insiden yang ga enak juga. Tapi semua itu bener-bener suatu pengalaman yang ga bakal pernah gw lupain seumur hidup. Karena ini pertama kalinya gw Backpacker jauh melintasi Pulau Jawa dan Bali sampai pada tujuan akhirnya yaitu Lombok NTB. Ga cuma itu, ini juga pengalaman gw pertama kalinya pergi cuma berdua sama temen gw, cewek pula. Koq cuma berdua? Sebelumnya dipostingan gw sebelumnya gw cerita kalo gw bakal backpacker bertiga bareng Gita dan Jul, tapi karena suatu alasan Jul ga bisa ikut gabung. Dan kita sempet kebingungan buat cari pengganti Jul karena tiket pesawat dan kereta udah dibeli. Untungnya pas H-3 si Gita berhasil ngebujuk salah satu temennya buat ikut ke Lombok, meskipun ga ikut start dari Jogja tapi it's ok lah yang penting duit Si Gita yang dipake buat talangin si Jul keganti.

Gw sempet pesimis mau lanjut backpackeran cuma berdua cewek, karena setelah gw googling ada beberapa tempat yang nanti kita lewatin lumayan serem, misalnya terminal Ubung, tapi gw sama Gita akhirnya tetep nekat pergi dan Bismillah aja semoga kita baik-baik aja dijalan. Gw bakal cerita dari hari pertama gimana perjalanan kita dan backpackeran kita yang seru meskipun melelahkan. Dan ceritanya gw bagi beberapa part ya, karena kalo gw cerita sekali posting bakal panjang banget. hahahahha. oke lanjut...

Tanggal 2 April 2016

Hari Sabtu tepat pukul 21.00 WIB gw langsung menuju Stasiun Pasar Senen naik gojek, karena kereta yang gw tumpangi yaitu KA Progo jurusan Stasiun Lempuyangan berangkat jam 22.30 WIB. Setelah sampai di Stasiun Pasar Senen gw langsung cetak tiket dan nunggu giliran masuk kedalem stasiun, oya gw berangkat dari Jakarta sendiri, sedangkan temen gw si Gita berangkat dari Bandung dan udah jalan duluan keretanya dari jam 20.00 WIB.
Kemudian petugas Stasiun pun memanggil..


Langsung masuk ke Stasiun dan langsung naik kereta, perjalanan dari Jakarta ke Jogja sekitar 8 jam. tepat pukul 22.30 WIB kereta pun jalan dan tiba di Stasiun Lempuyangan jam 07.00 pagi keesokan harinya. Selama dikereta gw tidur...

Tanggal  3 April 2016

Sampe Stasiun Lempuyangan gw janjian sama Gita, dia udah lebih duluan sampe dan udah keluar stasiun juga. Tujuan pertama kita adalah cari penginapan di Malioboro, karena kita ga booking hotel online jadi mau ga mau kita harus cari langsung, kenapa pilihan kita Malioboro? karena kata si Gita sih banyak yang murah, dan lebih deket kemana-mana, meskipun ke Stasiun lumayan Jauh kalo naik tranpsortasi umum. Kita jalan kaki ke halte Trans Jogja sekitar 20 menit, lumayan jauh tapi kita kan backpacker masa jalan kaki aja males :p

Sampe halte kita langsung beli tiket Trans Jogja , harga tiket per orang adalah Rp. 3.600, halte Trans Jogja kecil-kecil, ga kebayang kalo penumpangnya membludak ngantrinya pasti keteteran. Kita nunggu Bus Trans Jogja (sumpah gw lupa nomor berapa) kurang lebih 30 menit baru dateng (lama juga ya). Bus yang kita naiki langsung menuju Malioboro 1, jadi ga perlu transit lagi. Oya Halte Malioboro ada 3, dan kita lebih milih halte Maliboro 1 karena deket sama Jalan Sosrowijayan. Sampe Halte Malioboro 1 kita langsung cari makan sekitaran situ, karena kalo pagi gw ga bisa makan makanan berat, pilihan gw adalah makan bubur. Gw cobain bubur kalimantan setengah porsi cuma Rp. 6.000 pake kerupuk Rp. 1.000 jadi total makan gw adalah Rp. 7.000 (sengaja cari yang murah), setengah jam makan kita langsung cabut cari penginapan, banyak beberapa pilihan homestay atau hotel yang murah, dan pilihan kita jatuh pada Sari Homestay, gw gak foto homestaynya, kesannya biasa aja sih. Kamarnya biasa aja, kamar mandi dalem, ada AC nya, tapi ga dapet breakfast. Harga kamarnya Rp. 180.000 per malam, jadi per orang Rp. 90.000, karena kita udah cape karena perjalanan naik kereta kita langsung tepar dihotel, tujuan hari ini di Jogja adalah ke Candi Prambanan. Lah koq? Jujur aja ini pertama kalinya gw ke Jogja jadi gw gak mau mubazir waktu transit di Jogja sehari, karena dari hasil googling ke Candi Prambanan bisa naik Trans Jogja, jadi gw rekomendasiin ke Gita buat kesini, dan dia sih OK.

Sebelum ke Candi Prambanan, kita istirahat dulu dihotel kurang lebih 2 jam, tepat jam 12 siang kita langsung keluar dari hotel buat cari makan siang dulu, makan soto di sekitaran Malioboro Rp. 15.000, selesai makan langsung cabut menuju Candi Prambanan.

Perjalanan Malioboro - Prambanan sekitar 1 jam, sampe halte Prambanan ternyata masih harus jalan kaki lagi sekitar 15 menit, It's oke lah jalan kaki udah jago sekarang mah :p
Jogja panasnya minta ampun, Gita aja sampe pake payung, gw sih udah biasa panas-panasan.

Sampe Candi Prambanan kita langsung cari loket, harga tiket masuk per orang Rp. 30.000, abis beli tiket langsung jalan-jalan keliling Candi Prambanan. Yeaaaaaaaaaaay !!! *norak*

Sekitar 2 jam kita keliling Candi dan foto-foto, kita langsung keluar dan cari minuman seger karena panasnya minta ampun. Satu jam santai-santai sambil minum es jeruk. Sekitar jam 17.00 WIB kita langsung balik ke Malioboro. Jam 18.30 WIB sampe di halte Malioboro 3, kita ga langsung balik ke Hotel. Mampir ke Toko Hamzah Batik dulu nemenin si Gita belanja oleh-oleh. Kemudian makan malem di Warung Nasi Kucing Margo Mulyo. Abis makan malem kita balik ke Hotel. Oya pas sampe halte Malioboro, langsung hujan deres. Jadi abis makan kita langsung balik ke hotel. Istirahat sebentar malemnya temen gw jemput ngajak nongkrong di cafe di Jogja sampe jam 1 malam. Lumayan seru walaupun cuma sehari di Jogja. Puas-puasin seneng-seneng di Jogja karena besok pagi kita udah harus cabut buat lanjutin perjalanan ke Banyuwangi..

See you next time Jogja...



0 Comments