5 Tips Solo Traveling ke Luar Negeri

.
.

Dipostingan kali ini, gw mau berbagi 5 tips wajib gw kalo solo traveling ke Luar Negeri..

1. Harus bisa baca / paham peta

Menurut gw ini hal yang paling penting kalo traveling sendirian ke Luar Negeri, kenapa? dengan kita paham dan bisa baca peta, perjalanan pun akan sangat mudah, peta apa aja? ada peta subway di Korea, MRT di Singapore / Kuala Lumpur, BTS di Bangkok, dan peta-peta transportasi kereta dinegara lain. Selain peta kereta, kita juga harus paham peta jalan, misalkan kaya Gw kemaren di Seoul pas mau ke Itaewon gw harus buka google maps dulu dan cek turun di stasiun apa dan exit berapa , abis dari exit kearah mana, dan itu bikin gw jadi gampang nemuinnya, dan simple nya adalah Gw ga perlu tanya sama penduduk lokal atau turis lain, karena dinegara yang gw datengin khususnya  South Korea dan Bangkok rata-rata penduduk lokalnya ga bisa english, jadi daripada pusing better kita pahami peta dinegara tersebut. 

Peta Subway Seoul, South Korea, pic by google

peta MRT Singapore, pic by google

Peta MRT & BTS di Bangkok, pic by google


2. Rajin Googling

Rajin-rajin lah googling, apalagi mau ketempat yang dituju, harus cari tau aman ga buat solo traveling perempuan, kalo aman ya baru deh lanjut cari tau juga tempat yang mau dikunjungi kemana aja, misalkan mau ke Bangkok, cari tau tempat yang wajib dikunjungi di Bangkok apa aja, dan cari tau juga cara menuju kesana gimana, naik apa turun dimana, atau kalo itu detailnya cek di google maps aja, kemudian cari tau ongkos transportasi di negara tersebut berapa, harga makanan di negara tersebut berapa, dan untuk barang yang mau dibeli kisaran berapa, rajin-rajin cari tau biar disana kita ga bakal ketipu dan juga bisa siapin budget duluan.

3. Bikin Itinerary dan Budget Lengkap

Kalo Gw, setiap mau traveling keluar negeri gw selalu bikin Itinerary lengkap selengkap-lengkapnya, kenapa? Supaya perjalanan gw terjadwal dengan baik, dan juga wajib bikin budget supaya gw bisa tau disana harus ngeluarin duit berapa misalkan budget penginapan, makan, ongkos transportasi, oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Tujuannya apa? biar ga kehabisan uang, dan belajar manage keuangan secara ga langsung.

4. Nekat dan Berani

Menurut Gw ini sih harus banget, karena percuma lo udah niat mau pergi tapi ga ada nyali Sama aja bohong kan, lo harus nekat dan berani, juga percaya diri, Gw selama solo traveling modalnya selain modal duit pas-pasan, juga modal nekat, selain itu keberanian juga sangat diperlukan dalam hal komunikasi dengan penduduk lokal ataupun turis lain, misal saat lo nyasar lo harus berani nanya sama penduduk lokal atau turis lain, terus kalo mau Foto tapi Harus difotoin orang lain, ya lo harus berani buat minta tolong orang disekitar lo fotoin.

5. Bisa motret diri sendiri

Salah satu ga enaknya kalo solo traveling itu ga ada yang fotoin, serius! biasanya pake tongsis selfie, tapi bagi gw yg demen foto-foto, selfie doang ga cukup, jadi Gw belajar gimana caranya motret diri sendiri yang bagus, seluruh badan, seluruh view, tapi tanpa menggunakan tongsis dan tripod, bingung kan? Ya Gw selama di Korea khususnya foto ditempat sepi kaya Haneul Park, Hangang Park dan Olympic Park Gw belajar motret diri gw sendiri tanpa bantuan dua alat itu, Gw cuma taro kamera ditempat yang gw pengen foto, carilah bebatuan yang agak tinggi atau kursi atau tempat apapun yang bisa naro kamera dan setting viewnya sendiri kemudian timer, beres! Ga percaya ? nih hasilnya..

di Olympic Park

di Hangang Park

di  Haneul Park

Tapi inget ya harus ditempat yang ga terlalu rame, kalo ditempat rame, yang ada kamera lo dibawa kabur. Hahahaha

Itulah 5  Tips Solo Traveling ke Luar Negeri ala gw, semoga bermanfaat..

2 Comments

  1. Wah, di Bangkok pun banyak yg gk bisa English? Gue kira orang sana jago2, secara kunjungan wisatawannya terbanyak di ASEAN..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sebagian sih, cuma pengalaman saya pas kesana nanya jalan ga pernah ada yang paham akhirnya ngandelin peta deh.

      Delete