Jalan-jalan sendiri di Jogja [Part 1]

.
.
Sabtu, 11 February 2017

Seminggu yang lalu gw jalan-jalan ke Jogja lagi sendiri, sendiri banget sissssss??? sebenernya harusnya berdua, tapi temen gw mendadak ga bisa ikut, jadilah gw berangkat seorang diri.
Yaudahlah udah biasa jomblo jadi ga masalah kalopun harus sendiri lagi *baper*

Berangkat sabtu siang (11 feb 2017) naik kereta Bengawan, sampe lempuyangan jam 20.00 dijemput sama temen gw yang tinggal disana buat dianter ke penginapan di daerah Panjaitan, gw nginep di Rumah Panjaitan yang dibooking lewat Booking.com. Penginapannya murah loh, gw kemaren booking kamar mix dorm 2 malem cuma Rp. 135.000, baca reviewnya disini ya.

Sebelum dianter ke penginapan, gw dianter makan malem dulu di Sate Klatak Pak Bari daerah wonokromo, hmmmm dasar pecinta sate kambing diajak makan kesitu ya mau lah gw. Sate kambingnya enaaaaaaak banget, tengklengnya juga. Sate kambingnya disini porsiannya beda sama yang dijual di abang-abang gerobak biasa, seporsi isinya cuma 2 tapi dagingnya gede-gede dan tusukannya pun bukan pake tusuk sate biasa tapi pake jeruji yang di ban sepeda itu loh.



Bumbunya pun beda kaya bumbu gulai kali ya, gw aja sampe nambah tadinya cuma seporsi jadi 2 porsi abisnya enak banget. Seporsi harganya Rp. 20.000, dan tengklengnya pun enak, temen gw sih yang pesen tengkleng tapi gw ikut nyobain dan ternyata enak juga, emang ya daging kambing tu juara enaknya, sayangnya gw ga berani makan banyak-banyak, ngeri darah tinggi gw kumat.

Kelar makan gw langsung dianter ke penginapan, dan langsung check in, mandi plus tepar karena besok gw mau menjelajah Jogja.

Minggu. 12 February 2017

Hari minggu pagi gw bangun sekitar jam 7, bukan kebiasaan gw bangun jam 7, biasanya weekend always bangun siang. Gw langsung mandi plus sarapan roti, enaknya nginep di Rumah Panjaitan ini include sarapan walaupun sarapannya cuma roti dan teh manis/kopi. Waktu menunjukkan pukul 9, gw nunggu temen gw yang katanya janji hari ini mau ngajakin gw jalan-jalan ke Candi Borobudur, Gereja Ayam, Gumuk Pasir Parangkusumo, dan Queen South Resort Beach di Parangtritis, tapi apa mau dikata jam 9 ditelpoinin ke WA plus NOMOR HP-nya ga diangkat-angkat pertanda ni anak emang masih tidur. Ga mau nunggu yang ga jelas dan ga pasti jadi gw milih buat jalan sendirian di Jogja, gpp udah biasaaaaaaaaaa.



Awalnya gw mau nekat ke Borobudur naik kendaraan umum berbekal googling plus tanya sama orang penginapan, tapi apa boleh buat katanya kalau naik kendaraan umum lumayan lama dan gw agak parno juga sih kalo jalan sendirian banget naik bus kota, alhasil gw cuma mutusin buat jalan-jalan sekitaran Jogja kota aja.

Gw mutusin buat ke Keraton Jogja, karena belum pernah kesini dan lokasinya juga ga terlalu jauh dari penginapan. Dari penginapan di daerah Jalan D.I. Panjaitan gw jalan kaki ke halte trans jogja SMA 7, lumayan jauh banget jalannya, tapi karena gw udah biasa jalan kaki jarak jauh ga jadi masalah buat gw, belaga turis aja pake kacamata plus denger musik biar ga denger orang ngomong apa (secara gw kaya anak ilang jalan sendirian).

Ongkos trans jogja sekali jalan kalo ga salah Rp. 3.500, dan nunggu bus nya juga lumayan lama, mungkin karena bus nya cuma sedikit kali ya, sekitar setengah jam gw nunggu bus akhirnya bus nomor 3A pun tiba. Gw naik bus nomor 3A turun di Halte Ngabean (cuma lewatin 2 halte dari halte SMA 7), btw sebenernya bisa ditempuh jalan kaki dan naik gojek, tapi gojek disekitar penginapan gw sangat jarang, dan karena gw ga buru-buru juga jadi naik trans jogja adalah pilihan yang tepat.

Turun di halte ngabean gw harus jalan kaki lagi sekitar 500 meter (lupa) ke arah alun-alun kidul letak Keraton Jogja berada. Cuaca hari itu panas tapi ujan, dan gw ga bawa payung dong -___-
Setelah kurang lebih 20 menitan jalan kaki akhirnya tibalah gw di Keraton Yogyakarta, banyak juga yang berkunjung kesini, mulai dari anak sekolah, maupun keluarga. Tiket masuknya seharga Rp. 5.000 plus biaya izin foto Rp. 2.000.



Ga banyak yang gw lakuin didalem, cuma foto-foto dan derita jalan-jalan sendiri ya apa-apa fotonya pake tongsis, tapi ada beberapa juga yang minta fotoin orang-orang. hahahaha. Tips jalan-jalan sendiri "Jangan malu minta foto ke orang-orang" urat malu gw mah udah putus urusan foto begini, bodoamat ah yang penting foto.




Puas foto-foto di Keraton Jogja gw mutusin buat ke malioboro jalan kaki, lumayan jauh loh sekitar 2 km (kalo lewat waze), jalan kaki kesana berbekal peta dari waze aja yang ternyata kalo di waze 2 km karena jalur kendaraan jadinya muter jauh, sedangkan jalan kaki deket bgt koq. Sepanjang jalan disuguhi pemandangan-pemandangan yg ga asing, kalau menurut gw agak mirip jalan braga, iya ga sih .




Sampe jalan malioboro rame banget, maklum hari itu hari minggu dimana masyarakat maupun turis bertebaran disepanjang jalan malioboro, gw ga mampir kemana-mana karena niatnya emang cuma buat foto-foto aja.




Abis foto-foto gw pun mutusin buat makan siang di House Of Raminten, berhubung gw ga tau karena belum pernah kesana, jadi gw pake jasa gojek deh buat sampe sana. Murah bgt karena jaraknya deket.

Sampe House of Raminten 10 menit saja, gw langsung masuk dan dapet meja, alhamdulillah pas gw sampe sana belum antri parah. Gw pesen menu yg paling favorite disana yaitu Sego Gudeg Komplit, rasanya lumayan walaupun sebenernya gw ga terlalu suka gudeg karena manis banget, tapi okelah rasanya dan harganya pun murah, gw makan sama minum kemarin cuma ngabisin Rp. 26.000.








Setelah satu jam lebih gw ngabisin waktu di House of Raminten, gw pun cabut dari situ karena udah makin ramai antriannya plus udah hampir sore. Tujuan selanjutnya adalah ke Upside down world. Cerita di upside down nyusul yaa di part 2..



                                                                                                                                 Baca selanjutnya..

5 Comments