[BACKPACKER LOMBOK - PART 5, THE END] Finally GILI TRAWANGAN !!!

.
.
Tanggal 8 April 2016

Jum'at pagi Pak Eman (supir Taxi) udah ada di hotel buat jemput kita, lagi-lagi bangun kesiangan kaya waktu di Jogja, Gw sama Pak Eman emang janjian jam 7 pagi udah harus jalan ke Pelabuhan Bangsal karena "katanya" Kapal nya cuma ada satu jam sekali dan keberangkatan pertama jam setengah 9 pagi, padahal mah akal-akalannya si Bapak aja itu biar ga siang-siang. Tapi ga apa-apa lah itung-itung hemat waktu. Oya kita sewa taxi ke Pelabuhan Bangsal Rp. 150.000 dibagi 4 orang jadi per orangnya cuma bayar Rp. 37.500.

Tanpa mandi cuma cuci muka kita langsung beres-beres ganti baju dan langsung naik mobil sambil bawa breakfast yang belum sempet dimakan (lumayan dapet roti sama telur). Sekitar jam setengah 8 kita langsung berangkat ke Pelabuhan Bangsal. Karena kita ngejar kapal (padahal harusnya sih santai aja), kita ga lewatin senggigi, padahal kalo lewatin senggigi pemandangannya lebih bagus dan bisa mampir bentar buat foto-foto, tapi katanya kalo lewat jalur senggigi jauh jadinya bisa 1,5 jam nyampe. Kita mah nurut aja lah ya.. jadinya lewat jalur hutan pusuk yang banyak monyetnya.. dan lewat situ cuma sekitar 45 menit (hampir sejam sih itungannya).

Jam setengah 9 kurang sampailah kita di pelabuhan Bangsal Pemenang. Pamitan sama Pak Eman #ceileh dan nanti pulang ke Bandara Pak Eman Jemput kita lagi, lumayanlah yang penting udah ketauan ada yang jemput dari pada nyari-nyari yang ga pasti #eh . Abis turun taxi Erfan sama Gita langsung ketempat pembelian tiket, gw ditemenin Ryan beli kacamata, karena kacamata gw ilang diangkot :( . Ongkos kapal ke Gili Trawangan total semuanya sama tetek bengek distribusi segala macem adalah Rp. 20.000 (padahal pulangnya mah cuma bayar Rp. 15.000).

Nunggu dipanggil buat masuk ke kapal, kapalnya sih sebenernya cuma kapal nelayan yang biasa dipake buat snorkeling, tapi lumayan muat banyak orang. Jam 9 kita dipanggil disuruh naik ke kapal dan kapal pun langsung jalan. Perjalanan dari Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 45 menit, Tepat jam 09.45 WITA sampailah di Pelabuhan Gili Trawangan ! Yeaaaaaaaay finally GILI TRAWANGAN !!! Destinasi impian utama selain Karimun Jawa, Phuket, dan Korea. Akhirnya gw bisa kesini juga.. #maaflebay .

Sampe Pelabuhan gw langsung buka GPS dan menuju penginapan. Kita nginep di Pondok Linda dengan Rate Rp. 800.000 2 malem 1 kamar keluarga (buat 4 orang), jadi per orang bayarnya Rp. 200.000 buat 2 malem, termasuk murah kalo menurut gw sih. Kamarnya lumayan, AC, Kamar mandi dalem, kasurnya 2 king bed, dapet breakfast juga. Lumayan lah yang penting nyaman.. Dan dipenginapan juga bisa sewa sepeda dan harganya lebih murah ketimbang sewa ditempat penyewaan yaitu only Rp. 35.000 per hari per sepeda. Murah kan?

Sampe penginapan kita disambut sama Pemiliknyaa, lupa namanya Pak siapa, tapi pemiliknya baik banget, ramah, dan welcome banget sama kita. Kita disuguhi welcome drink es jeruk, pas banget karena udara Gili panasnya pollllllllll.. Kita simpen tas dan duduk-duduk sebentar, oya enaknya kamar kita depannya ada teras jadi bisa duduk-duduk dan ngerumpi disitu. Abis istirahat sebentar kita pun keluar buat cari makan pake sepeda. Karena kita bingung makan apa, akhirnya kita cuma beli nasi campur yang udah dibungkus harganya Rp. 15.000, enak ga enak dinikmatin aja lah. Hehehe. 

Selesai makan kita ngobrol-ngobrol diteras sambil nunggu si Erfan solat jumat, sekitar jam 1an si Erfan balik dari mesjid kita langsung jalan-jalan mengelilingi Gili pakai sepeda. Yeay !!!

Nemu pantai mampir dulu buat sunbathing dan cebar cebur dikit..

Cuaca di Gili panasnya bikin perih ke kulit, tapi hasilnya masih jauh gosong dari Karimun Jawa sih. hahahahhaa. 

Sekitar satu jam kita berenang dan berjemur, kita lanjut lagi keliling gili.. Pas ditengah jalan tiba-tiba hujan gede, mau ga mau kita harus neduh, dan kita nemu tempat neduh yang enak dan lumayan keren buat foto-foto yaitu Le Pirate Beach & Club. Cuma bermodalkan jajan minum boleh pakai kolam renangnya, lumayan buat menikmati suasana Gili yang diguyur hujan..

Setelah beberapa jam kita nongkrong di Le Pirate, kita pun melanjutkan perjalanan menuju Ombak Sunset yang lagi hits di dunia per-instagram-an. Sampe Ombak Sunset ga ada yang special, mungkin karena cuaca mendung jadinya foto disana pun ga keliatan bagus even fotonya pake camera yang bagus sekalipun. Sedih. Tapi ya mau gimana lagi, udah sampe sini tetep wajib foto dong..

Ga lama di Ombak Sunset kita pun langsung balik ke penginapan karena jam sudah menunjukan pukul 5 sore, lanjutin muterin Gili sampe akhirnya kitapun sampe di Penginapan.. Sampe penginapan langsung gantian mandi dan istirahat sampe sekitaran jam 7 malem, kita keluar buat cari udara seger, di Gili kalo malem banyak restaurant dan club yang buka, dan kebanyakan bule semua isinya, berasa lagi di Luar Negeri sih ini, kita nongkrong di Rudy's sampe jam 12 malem, abis itu balik ke penginapan dan tidur karena besok pagi kita mau trip keliling Gili seharian..

Tanggal 9 April 2016

Sabtu pagi sekitar jam 7 pada bangun buat breakfast, sambil nunggu dijemput sama Guide buat trip snorkeling. Trip snorkeling kita dapet paket seharga Rp. 100.000 per orang. Sekitar jam 10an kita pun langsung menuju spot buat snorkeling yaitu di Gili Meno, kesalahan terbesar gw di Gili saat itu adalah sok cuma pake PIN ga pilih JAKET PELAMPUNG, jadi cuma boleh pilih salah satu mau PIN atau JAKET PELAMPUNG, dan gw pilih  PIN, dan entah kenapa hari itu gw bener-bener bawaannya lemes banget jadi pas cuma pake PIN gw udah cape dan nyerah duluan karena kemasukan air terus dan ngos ngosan gerakin kaki kalo ga digerakin gw kelelep dong, yang lain snorkeling gw cuma diem dikapal sambil foto-foto, :(
                     
Setelah hampir 2 jam snorkeling di Gili Meno, sekitar jam 12 siang kita mampir ke Gili Air buat makan siang, karena Trip nya exclude makan siang jadi kita makan masing-masing, agak nyesel ga bawa nasi campur bungkus di Gili Trawangan karena lebih murah, makan di Gili Air mahal banget, makan nasi goreng aja Rp. 50.000, yaudah lah yaaa daripada mati kelaperan :(

Abis makan foto-foto dulu sambil nunggu rombongan  lain selesai makan..

Dan Gili Air pun diguyur hujaaaaaaan..
Sekitar jam 2an kita lanjut snorkeling, gw cuma turun foto bentar abis itu diem dikapal karena ga kuat lemes banget. Ditambah cuaca mendung parah..

Akhirnya ga sampe sejam rombongan pun pada naik ke kapal, katanya jadi keruh airnya, ga bagus sama sekali.. Kita pun balik ke Gili Trawangan dan istirahat dihotel sampe malem. Dan gw tepar tidur beberapa jam. :p

Gw kebangun jam 9 malem, yg lain lagi pada nongkrong diteras sambil ngobrol dan ngerokok, karena laper akhirnya kita cabut lagi keluar buat cari makan malem dan lanjut nongkrong di Rudy's lagi sampe jam 1 malem, balik ke penginapan langsung packing dan tidur karena besok pagi kita udah harus ke Bandara..

Tanggal 10 April 2016

Hari Minggu pagi semuanya pada bangun dan sarapan, kemudian sekitar jam 9 kita nyeberang ke Pelabuhan Bangsal dan Pak Eman udah nunggu kita disana. Oya sewa taxi dari Bangsal ke Bandara Rp. 240.000, jadi per orang Rp. 60.000. Sebelum ke Bandara, Pak Eman anter kita ke pusat oleh-oleh khas Lombok. Gw ga beli banyak, cuma bawa beberapa cemilan buat orang kantor aja.

Sekitar jam setengah 12 kitapun sampai di Bandara Lombok.. langsung check in dan nunggu di gate, dan beberapa menit kemudian dapet kabar kalo pesawatnya DELAY sejam, karena ryan laper akhirnya gw turun ke bawah cari makan sekalian gw juga makan, sempet berantem dikit sama tuh anak gara-gara mau makan s**aria apa C*C, gw agak ngeri kalo s**aria karena pelayanannya biasanya suka lama, kan delay cuma sejam, yang ada ketinggalan pesawat kita, akhirnya dengan muka bete dan cemberut tu anak mau makan C*C, bener dong ga lama setengah jam udah ada panggilan buat boarding, panik langsung buru-buru lari ke atas, Si Gita udah nelponin terus, alhamdulillah ngga ketinggalan pesawat.. Hahahaha.. Kemudian jam 2 siang pesawat pun take off..

GOODBYE LOMBOK !!! SEE YOU AGAIN !!!

Selesailah cerita TRIP Backpacker gw selama 8 hari ini, buat yang mau tau berapa rincian biaya keseluruhan silahkan klik Rincian Biaya .







17 Comments

  1. wah saya tadinya mau ke gili trawangan juga liburan ini...eh batal terus ganti destinasi ke jogja #curcol oh iya salam kenal ya:) kalau ada waktu silahkan mamir ke blog gue http://anditabcdeg.blogspot.co.id/2016/06/greetings-from-yogyakarta-palace_18.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiiii andita, makasih ya udah mampir ke blog gw, hehe iya kemairn juga ke jogja sekalian abis itu lanjut ke bali dan lombok..

      Delete
  2. Mahal amat udah 20 ribu, teralhir kesana masih 12 rebu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 20 ribu tuh katanya sama distribusi masuk ke pantai gitu, tapi pas baliknya cuma bayar 15 ribu.

      Delete
  3. gili terawang memang tempat liburan yang indah..

    ReplyDelete
  4. Duh, kangen mabok ampe bego di sana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli dis, mabok ampe bego sampe lupa sama mantan :(

      Delete
    2. lupa sama mantan terus kenalan sama orang asal-asalan :(

      Delete
  5. Replies
    1. gih kesana lagi, gue juga kangen pengen kesana lagi.

      Delete
  6. Keren pemandangannya, gue pengen bgt foto di ayunan itu bener.. :)
    btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cus ke Gili Trawangan, cobain backpackerannya bikin nagih loh hehe.
      Thanks ya udah mampir. Salam kenal juga :)

      Delete
  7. Rencana mau backpacker jogja-bali-malang tahun depan masih bingung blm ada temen yg bisa di ajak klo sendiri ga ada yg fotoin ntar :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii, tips dari aku kalo solo traveling "Jangan malu untuk minta tolong fotoin ke orang-orang", dan juga belajar set foto sendiri, kemarin aku di Korea begitu koq. Hehe.

      Delete
  8. keren mbak dinda postingannya. Saya mahasiswa Jogja mba. ada rencanake bali lombok nih.
    kira kira destinasi mna aja klo ke Bali n Lombok dgn biaya minim?

    oh iya misal kita ber3 cewek aja nih tanpa nginap di hotel tpi cuma ddaerah jlnan atau masjid masjid gmna solusinya?
    Amna tdk y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nanda, terima kasih sudah mampir baca.
      Kalau pertama kali ke Bali ada baiknya main ke Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak, jalan kaki juga bisa koq karena jaraknya berdekatan. Tapi kalau udah pernah dan bosen, saranku sih main ke daerah uluwatu sewa motor aja bertiga 2 motor tapi patungannya dibagi 3 jadi lebih murah dan gantian aja siapa yang bawa mtr sendiri, karena disana banyak tempat wisata dan pantai kaya GWK, Uluwatu, Pantai Dreamland, Pantai Suluban, Pantai Padang-padang, Pantai Pandawa, mereka satu arah semua.

      Nah kalau ke Lombok saran aku sih sewa motor aja kalau bertiga sama kaya di Bali, karena disana setau aku sih susah kendaraan umum kalau mau ke Pantainya. mending main ke Lombok Tengah seharian sewa motor, disana banyak pantai bagus, ada pantai Kuta lombok, pantai tanjung aan, pantai selong belanak, pantai mawun, jadi bisa seharian tuh explore.

      Kalau untuk menginap, saran aku sih mending sewa penginapan aja Mba, aku sih belum pernah tidur djalanan atau mesjid. Tapi mending sewa penginapan aja, kalau dibali cari di daerah jalan poppies aja disana banyak banget yang murah meriah. Kalo dilombok cari daerah Cakranegara, atau cari aja di booking.com atau situs buat cari penginapan, pasti banyak yang murah koq.

      Kalo menurut aku karena perempuan jadi rawan kejahatan, lebih baik setidaknya kita berani bayar penginapan maksimal 80rb lah hehe. Tapi balik lagi ke setiap orang sih, mungkin kalau salah satunya ada cowok sih aman aman aja kali ya. hehe

      Delete